Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Dizaman milenial ini kita disuguhkan dengan semakin banyaknya perkembangan teknologi yang tumbuh seiring berjalannya waktu. Hal ini menjadi kebutuhan wajib diera saat ini dimana kita dapat berkomunikasi dengan sangat mudah dan flexibel. Handphone kini merupakan barang yang sangat dibutuhkan di kehidupan sehari-hari kita. Tentu sangat aneh bila kita tidak memiliki alat komunikasi yang satu ini di jaman moderen seperti saat ini.

Dari sekian banyak pengguna hp, banyak pula merek hp smartphone yang semakin bersaing ketat dengan sistem operasi yang berkembang juga semakin pesat. Ya, kita tentu tau dengan sebuah sistem operasi berbasis android, bagaimana tidak itu telah menjadi pegangan dan kita genggam setiap harinya.

Berbicara masalah hp/handphone, smartphone tentu ada beberapa yang dirasa kurang dalam penangannya, spesifikasinya dan lain-lain. Pengguna yang memiliki smartphone dengan spesifikasi rendah (low) akan meminimalisir penggunaan aplikasi karena sangat membebani kapasitas penyimpanan memory internal hp tersebut dan itu bukan hal baru lagi untuk kita ketahui.

Mengenai aplikasi, hampir semua pengguna android memiliki aplikasi yang didapat atau di install melalui google play store. Play store merupakan salah satu penyedia aplikasi khusus untuk android.

Saat kita membeli sebuah smartphone, tentu ada beberapa aplikasi yang telah terpasang secara default yang bisa langsung kita gunakan. Aplikasi tersebut sudah disediakan sebagai aplikasi bawaan dari produk smartphone. Sebagian aplikasi memiliki daya penggunaan memori yang cukup besar dan ada aplikasi yang diproteksi agar tidak bisa di hapus atau diuninstall.

Hal semacam inilah yang sering kita alami saat ingin meringankan beban memori smartphone yang kita gunakan dan belum lagi saat kita ingin menambah beberapa aplikasi. Aplikasi bawaan yang tidak bisa kita hapus ini kadang tidak juga kita gunakan. Dari pada membuat penuh memori, lebih baik kita hapus saja kan. Namun tidak semudah menghapus aplikasi yang kita download dan pasang secara manual di smartphone kita.

Alasan Ingin Menghapus Aplikasi Bawaan di Smartphone Android

Apakah kalian sependapat dengan Addwin, kalau aplikasi bawahan yang tidak bisa di hapus ini kadang tidak kita gunakan dan hanya menambah beban penggunaan memori dan ram smartphone kita. Hal ini yang kadang menjadi alasan kita ingin menghapusnya. Ada kalanya kita ingin mengganti aplikasi bawaan dengan aplikasi yang lain dengan fungsi yang sama, seperti browser bawaan (chrome) kita ganti dengan modzila. Bila salah satu aplikasi yang sama kita tidak gunakan, maka kita lebih baik mengahupusnya.

Bagaimana bila aplikasi yang tidak kita gunakan adalah aplikasi bawahan android smartphome kita yang tidak bisa dihapus? Maka saya akan memberikan beberapa tips sederhana yang mudah untuk mengapus aplikasi bawaan android yang tidak bisa di uninstall.

Cara Uninstal Aplikasi Android

Pada bagian ini, anda hanya perlu pergi ke menu settingan pada setiap smartphome anda lalu pilih Pengelola Aplikasi.

Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Lalu Pilih Aplikasi (contoh firefox) > lalu Uninstall/Copot Pemasangan.

Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Dengan menunakan cara diatas maka aplikasi bisa kita uninstall dengan mudah, namun ada aplikasi bawahan yang tidak bisa kita copot pemasangannya. Maka kita membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan uninstall tersebut.

Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan Android Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga Tanpa Root (No Root)

Untuk menghapus aplikasi standart di android, kita bisa menggunakan beberapa aplikasi yang sangat berguna dan membantu untuk mengatasi aplikasi yang tidak bisa kita hilangkan (copot). Beberapa aplikasi ini sangat direkomensasikan untuk digunakan menghapus apk standart yang dikunci dan tidak bisa dicopot pemasangannya. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengapus apk bawaan dari smartphone vivo, realme, oppo dan lainnya yang sangat ampuh tanpa perlu di root smartphone kalian.

A. Aplikasi CCleaner

1. Pertama anda diharuskan memiliki Aplikasi CCleaner, bisa anda dapatkan di playstore google dengan gratis

2. Setelah di dowmload/unduh aplikasi tersebut kemudian aplikasi CCleaner akan terinstall dari Google Play Store, Buka aplikasinya.

3. Tap pada Garis Tiga yang berada di bagian sudut kiri atas aplikasi (lihat gambar diatas), maka akan muncul beberapa opsi menu, maka pilihlah App Manager.

4. Pilih tap System kemudian pililah aplikasi bawaan smartphone android/bloatware yang ingin kalian hapus dari smartphone. Pastikan memilih aplikasi yang tidak anda gunakan.

5. Klik tombol Uninstall untuk menghapus aplikasi bawaan smartphone android yang ingin anda hapus, selesai.

Menggunakan cara ini pastinya tidak langsung bisa menghapus aplikasi bawaan secara menyeluruh. Jadi cara jitu yang hrus kalian lakukan yakni melalukan rooting pada smartphone anda agar mampu melibas habis aplikasi android bawaan anda.

Sekiranya itulah sedikit info mengatasi masalah aplikasi bawaan yang tidak bisa di hapus yang bisa Addwin bagikan. Kiranya dapat berfungsi dan bermanfaat untuk anda. Bila cara diatas belum berhasilnmaka silahkan melakukan root pada smartphon anda. (@win)